Pages

Wednesday, February 18, 2015

Belajar Bahasa Inggris Cepat Melalui Alam Dan Permainan

Sudah pernah melihat teknik pembelajaran dari beberapa guru Indonesia Mengajar? Beberapa waktu lalu, kami pernah menonton televisi yang menayangkan mengenai seorang guru bahasa Inggris yang ikut dalam program Indonesia Mengajar. Beliau ditugaskan untuk mendidik murid SD yang berada di pedalaman Sumatera. Di televisi tersebut juga terlihat kehidupan murid-murid SD yang tidak memiliki ruang kelas yang layak. Guru-guru yang ada disana pun terbilang hanya sedikit. Hal ini karena jauhnya perjalanan untuk bisa memasuki daerah pedalaman tersebut.

Di lain hari sang guru sudah tiba dengan menggunakan kendaraan untuk daerah ekstrim. Disana beliau berkenalan dan bertegur sapa dengan murid dan juga dengan guru serta masyarakat sekitar. Disana beliau berjanji akan memberikan metode belajar bahasa Inggris cepat kepada murid-murid barunya tersebut. Besoknya, sang guru mengajak anak-anak untuk berjalan-jalan. Kenapa guru tersebut tidak mengajar di kelas malah mengajak anak-anak jalan-jalan? Disitu letak kelebihan guru tersebut.

Belajar Bahasa Inggris Cepat


Ketika guru dan murid-muridnya berada di lingkungan beberapa tanaman, beliau menjelaskan apa nama tanaman ini dengan bahasa inggris bahkan menjelaskannya dengan bahasa Inggris yang kurang bisa dimengerti oleh murid tersebut. Ternyata disinilah letak metode unik yang diajarkan oleh sang guru untuk muridnya agar bisa belajar bahasa Inggris cepat. Hal yang kita sangka jelek ternyata hasilnya tidaklah seperti sangkaan kita.

Dari kisah tersebut terlihat bahwa yang namanya pembelajaran tidak harus selalu berada di dalam kelas. Dengan metode belajar bahasa Inggris cepat yang diterapkan oleh guru tersebut, memberikan kepada Anda untuk belajar bahasa inggris lewat alam. Anda bisa berkumpul dengan teman yang sama-sama berminat dalam bahasa Inggris. Anda dan teman-teman Anda tersebut bisa melakukan perjalanan ke berbagai tempat dan saling menjelaskan dengan menggunakan bahasa Inggris mengenai tempat tersebut. Lakukan obrolan dengan kata-kata yang sederhana terlebih dahulu agar mudah dipahami.

Teknik belajar bahasa Inggris cepat dengan menggunakan alam bisa dilakukan oleh Anda yang memiliki anak untuk mengajarkan bahasa Inggris kepada mereka. Salah satu contoh tepat yang bisa mempermudah Anda memberikan pengajaran yaitu kebun binatang. Disana Anda mula mula bisa menyebutkan nama binatang tersebut dengan menggunakan bahasa Inggris. jika anak anda tersebut sudah hafal, maka langkah selanjutnya adalah dengan menjelaskan deskripsi binatang tersebut.
 Penjelasan tersebut tentunya dengan menggunakan bahasa Inggris pula.

Aplikasi lain yang bisa dilakukan oleh Anda misalnya yang berprofesi menjadi seorang guru, yaitu mengumpulkan siswa dan membuat suatu permainan yang gunanya untuk menghafal kosakata bahasa Inggris. Permainan yang bisa mengasah kemampuan kosakata bahasa Inggris siswa salah satunya adalah scrabble, yaitu sejenis permainan teka teki dalam bentuk huruf yang digabung menjadi sebuah kata. Cara belajar bahasa Inggris cepat tersebut bisa coba dipraktekkan.

Berbagai contoh dan cara belajar bahasa Inggris cepat diatas bisa coba dipraktekkan oleh Anda. Lihat hasil yang nampak dan rasakan. Selain menyenangkan, cara tersebut akan membuat segar pikiran dan tidak membuat beban dalam proses pembelajarannya.